Rabu, 05 Juni 2013

Siapa Bilang Facebook Meraja Di Banyak Negara

Internet kini tidak selalu identik dengan Google lagi, sebab mereka dibayang-bayangi dengan ketat oleh situs jejaring sosial Facebook. Namun secara umum dunia digital tahun 2013 dikuasai oleh Facebook. 

Walaupun demikian di beberapa negara Asia luput dari dominasinya. Bahkan media sosial lokal di negara tersebut bisa bersaing ketat dengan Facebook.

Jejaring sosial yang meraja di negaranya mengalahkan Facebook dan Twitter:

1. VKontakte

Nama jejaring sosial ini jika diterjemahkan adalah "terhubung dengan". Fungsinya mirip seperti Facebook, hanya saja penggunanya adalah 200 juta orang Rusia.

2. QZone

Jajaring sosial China ini mirip dengan MySpace. Penggunanya bisa menulis blog, mengupload musik, dan memodifikasi profilnya dengan pernak pernik grafis secara gratis.

3. Odnoklassini
"Teman sekelas" adalah jejaring sosial yang populer di Moldova dan Kirgiztan. Sebagian besar penggunanya yang berjumlah 150 juta berusia kurang dari 35 tahun.

4. Cloob


Penggunanya yang hanya 1 juta sudah membuat Cloob sukses di Iran, sebab Facebook dan jejaring sosial lainnya diblokir pemerintah Iran.

Beberapa jejaring sosial di atas masuk 10 besar urutan jejaring sosial terbesar di dunia. Bahkan di Jerman, Facebook selalu mendapat perlawanan tangguh dari jejaring-jejaring sosial lokal disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar